Seminar dan Temu Alumni Tahun 2017

Dinamika perkembangan teknologi dan hukum di Indonesia begitu kompleks. Secara hukum setiap warga negara memiliki hak kebebasan mengemukakan pendapat, pemikiran serta berekspresi, tetapi di sisi lain terdapat batasan terkait pembatasan melalui Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang baru. Dapat dikatakan, saat ini kebebasan tersebut sudah tidak sepenuhnya dimiliki oleh warga negara. Melalui media sosial, segala informasi dapat diperoleh hanya dengan sentuhan jari. Penyajian perangkat teknologi beserta aplikasinya, diberikan secara terbuka. Arus informasi dan komunikasi sulit dibendung, namun tetap harus disikapi secara positif, selektif, dan bijaksana.
Saat ini, media sosial digunakan secara aktif oleh lebih 100 juta penduduk Indonesia, tidak mengenal gender maupun usia, termasuk pelajar dan mahasiswa. Media sosial adalah sebuah media online yang memudahkan pengguna berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Eksistensi media sosial sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat. Terkait dengan pendidikan karakter, media sosial juga memiliki pengaruh positif maupun negatif. Media sosial membantu menyampaikan dan memperoleh informasi maupun pengetahuan baru. Namun tidak jarang, tindak kejahatan, melunturnya tata krama, perilaku individualistik, dan merebaknya sikap sekuler merupakan dampak negatif dari media sosial.
DPP IKA UNY mengajak alumni IKIP Yogyakarta ataupun Universitas Negeri Yogyakarta, pendidik, pemerhati pendidikan, tokoh masyarakat, dan stakeholder untuk duduk bersama membahas isu dan kondisi riil di masyarakat Indonesia terkait media sosial. IKA UNY merasa terpanggil untuk ikut memberikan pemikiran dan solusi, karena hal ini terkait dengan keberlanjutan generasi bangsa dalam menentukan peradaban dunia. Kegiatan seminar ini sekaligus dalam rangka
memperingati Dies Natalis UNY ke – 53 pada tanggal 21 Mei 2017. Sampai dengan November 2016, UNY telah meluluskan
125.857 alumni, baik diploma, sarjana, maupun pascasarjana (pendidikan maupun non-kependidikan). Para alumni tersebar di berbagai sektor formal maupun nonformal, di seluruh Indonesia, bahkan banyak yangberkancah di luar negeri. Sebagian besar alumni UNY adalah para guru yang mengabdi di berbagai penjuru negeri. Mereka adalah garda terdepan dalam membangun watak dan jati diri bangsa. Alumni UNY ini perlu kita persatukan menjadi asset berharga dalam pembangunan bangsa.
Oleh karena itu, DPP IKA UNY mengundang alumni dalam acara Temu Alumni Nasional 2017 sebagai rangkaian dari kegiatan seminar. Kegiatan ini untuk menjalin kekuatan dan keakraban alumni yang diselenggarakan di Hotel Griya Persada Kaliurang. Tujuan pelaksanaan adalah membuat jejaring yang lebih kuat untuk pengembangan UNY, penguatan profesionalisme alumni, serta penumbuhan pemikiran konstruktif untuk pembangunan bangsa.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *