Seminar Nasional 2016 Menghadirkan Mendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan, Ph.D. mengatakan pentingnya guru zaman sekarang untuk menginspirasi para murid melalui retorika serta media nyata yang mudah dicontoh. Ki Hajar Dewantara pernah berpesan dalam mengajar, guru sebaiknya selalu membuka salah satu dinding ruang untuk muridnya. Hal tersebut bermakna para guru harus mampu membawa muridnya berinteraksi dengan kehidupan dunia yang luas. Lebih dari itu, perlu juga ditekankan tentang perspektif guru yang sebenarnya. Menurut Mendikbud, guru tidak boleh dijadikan obyek dari sebuah kebijakan. Justru dalam membuat kebijakan para pemangku kepentingan harus belajar dari apa yang sudah pernah diajarkan para guru.

Selama sepuluh tahun terakhir, pemerintah telah banyak melaksanakan agenda reformasi pendidikan. Tahun 2001, tanggung jawab sebagian besar aspek pelayanan pendidikan dasar diserahkan kepada pemerintah daerah. Tahun 2003 dikeluarkan dasar hukum bagi manajemen berbasis sekolah dan komite sekolah diperkenalkan sebagai upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat setempat serta memperkuat akuntabilitas sekolah dan orang tua. Tahun 2005 dikeluarkan Undang-Undang (UU) Guru untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengem-bangan keprofesian berkelanjutan. Hasilnya, mampu meningkat-kan proporsi guru dengan gelar sarjana dari 36% menjadi 63% antara tahun 2006 dan 2012. Program Biaya Operasional Sekolah (BOS) juga diluncurkan untuk mendukung penerapan reformasi manajemen berbasis sekolah. Reformasi tersebut bermuara pada harapan membawa sistem pendidikan Indonesia sejajar dengan pendidikan modern di seluruh dunia.

Meski peningkatan investasi di bidang pendidikan sudah meningkat, tetapi kinerja pembelajaran atau prestasi belajar murid tampak masih beragam. Oleh karenanya, guru dan tenaga kependidikan terus dituntut menciptakan inovasi dan membuat perubahan bagi proses belajar-mengajar yang lebih baik.
Didasari berbagai permasalahan tersebut maka tata kelola guru sangatlah penting untuk dikaji sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Untuk itu DPP IKA UNY kembali menyelenggarakan Seminar Nasional dalam rangka DIES NATALIS Ke-52 UNY, dengan tema “Tata Kelola Guru untuk Meningkatkan Pendidikan yang Memuliakan” pada tanggal 23 April 2016 di Aula Kampus Wates UNY. Pembicara dalam seminar ini: Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai keynote speaker), Prof. Suyanto, Ph.D. (Ahli Bidang Pendidikan dan Guru Besar FE UNY), dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G. (Bupati Kabupaten Kulon Progo DIY), Dr. H. Aji Dedi Mulawarman, SP., MSA. (Direktur Masjidil ‘ilm Bani Hasyim Malang Jatim), dan Moderator: Drs. Octo Lampito, M.Pd. (Pemimpin Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat). Segera daftar, tempat terbatas.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Seminar Nasional 2016 Menghadirkan Mendikbud



    • Bu Ida Nurani silahkan download di fitur informasi alumni, leaflet seminar 20165 Mendikbud sudah kami posting…terimakasih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *