Rapat Koordinasi Rencana Temu Nasional IKA UNY 2017

Sabtu sore (16/7/2016) bertempat di Ruang Sidang Senat Rektorat UNY berlangsung rapat koordinasi persiapan rencana DPP IKA UNY yang akan menggagas Temu Nasional IKA 2017. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D, Pengurus DPP IKA, para pimpinan DPW, DPC yang berada di wilayah Pulau Jawa, diantaranya dari Brebes, Tegal, Slawi, Pekalongan, Cilacap, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, Klaten, dan lainnya. Kegiatan temu nasional IKA UNY 2017 ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh alumni UNY Yogyakarta, maupun alumni ketika masih bernama IKIP Yogyakarta, untuk bersilaturohim dan kangen-kangenan, serta melakukan diskusi program kerja, guna mendorong kiprah alumni untuk pembangunan bangsa.

Rapat koordinasi diawali dengan pembentukan panitia, dimana terpilih sebagai Ketua adalah Drs. Sardiman A.M., M.Pd, Wakil Ketua: Octo Lampito, M.Pd dan Budi Utama, M.Pd, Sekretaris: Sudarmaji, M.Pd dan Gunadi, M.Pd, Bendahara: Siswanto, M.Pd dan Kumariyah, S.E. dibantu beberapa seksi. Sementara itu, kepanitiaan yang terdiri dari para pimpinan DPD, DPC bertugas untuk menggerakkan massa di daerahnya masing-masing.

Rencana awal kegiatan yang digagas DPP IKA ini akan dilaksanakan di Kaliurang Sleman Yogyakarta, berbentuk sarasehan di malam hari dan outbond di pagi harinya. Namun karena desakan forum rapat koordinasi, acara diperluas dengan diadakannya Seminar Nasional dengan menghadirkan tokoh bangsa.

Untuk kegiatan sarasehan, DPP berusaha mendatangkan Prof. H. Syafii Maarif, Ph.D (atau lebih akrab dipanggil Buya Syafii), Prof. Suyanto, Ph.D (Ketua Umum DPP IKA UNY) sebagai pembicara dan Octo Lampito, M.Pd (Pemimpin Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat) sebagai moderator. Dari hasil diskusi disepakati kegiatan ini direncanakan berlangsung pada hari Sabtu-Minggu tanggal 25-26 Maret 2017. Dipilihnya bulan Maret 2017 sebagai wujud penghargaan kepada Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menjelang purna tugas jabatan beliau sebagai Rektor, yang memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan IKA UNY selama ini, diantaranya adalah dukungan untuk pembangunan Gedung Wisma IKA UNY yang direncanakan berjumlah 5 lantai di eks Gedung BNI 46 di Jalan Gejayan.

Dalam rapat koordinasi tersebut banyak dipaparkan masukan program untuk pengembangan IKA UNY di masa yang akan datang. Usulan-usulan ini akan dibahas pada saat sarasehan Temu Nasional IKA UNY 2017 di Kaliurang. Diantaranya, Bapak Octo Lampito, M.Pd. (Pemred Harian Kedaulatan Rakyat), berharap agar tema yang diambil lebih bersifat umum dan luas, misalnya “Peran alumni UNY dalam membangun bangsa”. Dengan tema ini diharapkan dapat tergali sharing pengalaman alumni baik guru maupun non guru, memberikan wacana dan peluang dalam kiprahnya di masyarakat dalam membangun Indonesia.

Budi Utama, M.Pd (Ketua DPC Gunungkidul), mengusulkan agar IKA ke depandiharapkan juga mempersiapkan alumni dalam berbagai bidang kehidupan bukan hanya dibidang pendidikan saja, namun juga dalam bidang pemerintahan, politik, bisnis usaha, dan lainnya. Beliau menyampaikan, “konsep mendirikan bank misalnya, apabila setiap alumni berinvestasi uang, misalnya Rp.10.000,- saja per bulan, maka dengan jumlah anggota sekitar 90.000 alumni, maka sudah banyak dan bisa diputar untuk usaha. Uang ini tidak hilang, karena investasi”. Dengan adanya usaha yang dibentuk tersebut, diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan, baik untuk pembangunan gedung, kegiatan-kegiatan alumni dan lainnya. Anggota yang aktif diharapkan tidak akan menjadi donatur tetap secara terus menerus, tetapi lebih bisa berperan dalam hal pemikiran untuk mengembangkan alumni.

Prof. Sukirno, M.Si., Ph.D. berharap, agar kegiatan ini dapat dikemas atau digabungkan dengan diadakannya seminar nasional. Hal ini merupakan momentum bagi alumni yang berasal dari jauh bisa mendapatkan manfaat yang lebih ketika berada di Yogyakarta, misal seminar menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang tentunya akan bermanfaat untuk menentukan kebijakan di daerah. Selain itu beliau juga mengusulkan agar lebih melibatkan jajaran III di fakultas (Wakil Dekan III) pada setiap kegiatan di IKA. Kegiatan yang tawarkan oleh IKA pun diharapkan sesuai dengan kebutuhan alumni. “Kaitannya dengan tracer study yang telah dikembangkan oleh universitas, diharapkan dibuat lebih mudah, dan menarik bagi alumni untuk mengisi data, karena ini merupakan basis data yang sangat penting” pungkas Guru Besar Fakultas Ekomoni UNY tersebut.

Beberapa masukan lain yang terekam oleh Newsletterterkait kegiatan sarasehan ataupun seminar tersebut diantaranya perlu koordinasi dan penguatan jaringan serta pemberdayaan komisariat fakultas dan Wakil Dekan III (Sukirjo, M.Pd, Ka Biro AKI), memanfaatkan fasilitas berbagai media seperti web, leaflet, dan lainnya untuk mengaktualisasi kelembagaan IKA (Dr. Muh Farozin, M.Pd, Dewan Pertimbangan Organisasi IKA UNY), sarasehan diharapkan menghasilkan rekomendasi yang memperjuangkan alumni khususnya di bidang pendidikan serta pelibatan alumni pada setiap kegiatan IKA (Siswanto, M.Pd), maupun polemik terkait nasib lulusan LPTK yang harus diperjuangkan karena masih harus menempuh PPG (Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd).

Dikarenakan waktu yang terbatas, maka khusus untuk kegiatan seminar nasional Temu Nasional Alumni UNY 2017, akan dibahas kembali oleh DPP IKA UNY secara detail. Karena harus mempetimbangkan lokasi, pembicara berskala nasional dan sebagainya. Selesai acara rapat koordinasi ini, peserta beramah tamah, sholat dan persiapan acara Syawalan Ikatan Alumni DPP IKA UNY pada pukul 20.00 WIB yang menghadirkan pembicara Bapak Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *